Artikel
Apa (kemungkinan) dampak ChatGPT pada bidang pendidikan?
Apa (kemungkinan) dampak ChatGPT pada bidang pendidikan?
ChatGPT dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar yang luas dan dapat diakses oleh siapa saja baik secara gratis maupun berbayar, misalnya murid, guru, dosen, orangtua. Dengan menyediakan akses ke informasi dan pengetahuan, ChatGPT dapat membantu murid (dan juga orang yang suka belajar secara mandiri) dalam mempelajari berbagai topik yang dipelajarinya dengan syarat informasi itu terus mutakhir dengan benar.
Cara-cara untuk menguasai Seni Disiplin Diri by Tjan Sie Tek
Cara-cara untuk menguasai Seni Disiplin Diri by Tjan Sie Tek
Memperkuat disiplin diri sangat penting untuk mencapai ambisi Anda dan memaksimalkan potensi Anda. Namun, menguasai seni pengendalian diri dan usaha yang terfokus membutuhkan komitmen. Dengan menerapkan kebiasaan kecil dan rutinitas positif yang berpusat pada prioritas utama Anda, Anda dapat menguatkan otot kendali diri Anda dari waktu ke waktu. Menghilangkan distraksi, merayakan keberhasilan kecil, tekun mengatasi kegagalan, dan mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang mendukung anda akan memperkuat tekad -strategiAnda. Dengan latihan yang konsisten, penguasaan diri memungkinkan Anda mengatasi penunda-nundaan, meningkatkan produktivitas, dan mencapai tujuan jangka panjang. Panduan ini akan memberikan strategi-strategi yang dapat dilaksanakan untuk menghasilkan disiplin diri yang kokoh menuju sukses. Dengan menerapkan nasihat-nasihat ini, Anda dapat belajar mengarahkan tindakan Anda dan menjalani hidup dengan tujuan tertentu. Terus baca artikel ini untuk menguasai seni disiplin diri dan mengerek pencapaian hidup Anda ke tingkat berikutnya.
Disiplin Diri mengalahkan IQ dalam memperkirakan kinerja akademis remaja
Disiplin Diri mengalahkan IQ dalam memperkirakan kinerja akademis remaja
Dalam sebuah penelitian tentang 140 orang pelajar Grade VIII, disiplin diri yang diukur dengan laporan diri, laporan orangtua, laporan guru dan daftar tanya tentang pilihan keuangan, yang dilakukan selama musim gugur, memperkirakan nilai-nilai akhir, kehadiran di sekolah, angka-angka uji pencapaian yang berstandar dan seleksi untuk masuk ke sebuah program SMU yang bersaing pada musim semi berikutnya. Dalam penelitian ulang tentang 164 orang pelajar Grade VIII lainnya, dilakukan penambahan berupa sebuah tugas perilaku untuk menunda rasa puas, daftar Tanya tentang kebiasaan belajar dan sebuah uji IQ yang diatur per kelompok.
MENGAPA ORANG BAIK BERBUAT TIDAK BAIK by. Dr Dharma K Widya
MENGAPA ORANG BAIK BERBUAT TIDAK BAIK by. Dr Dharma K Widya
Secara sederhana, yang dikatakan orang baik itu bermakna tidak berbuat jahat dan banyak berbuat baik. Tidak berbuat jahat dapat diartikan tidak melanggar etika moral seperti tidak membunuh, tidak mencuri, tidak melakukan hubungan seks terlarang, tidak berbohong dan tidak mengonsumsi zat-zat yang merendahkan kesadaran dan menimbulkan ketagihan. Berbuat baik dapat dimaknai seperti suka berdana, suka bermeditasi, suka berbuat kebajikan demi kepentingan orang banyak, menghormat dan rendah hati, mengikuti ajaran agama dan sebagainya. Walaupun sudah merasa menjadi ‘orang baik’, seseorang tetaplah harus berhati-hati karena ada kemungkinan timbulnya ‘byapada’ atau keinginan buruk. Bahkan dalam diri seorang yang sudah mencapai kesucian tingkat pertama yaitu Sotapanna, masih terdapat byapada. Byapada akan dilemahkan bila sudah tercapai tingkat Sakadagami dan baru lenyap setelah mencapai tingkat Anagami.